Fitur dan Desain Operasional Pusat Data

Pengembangan sebuah data center didasarkan pada model dan penataan berbagai sumber daya Teknologi Informasi (TI), rancang bangun arsitektural dan keseluruhan infrastruktur yang saling berkaitan.  Jadi, selain rekayasa teknik yang tepat guna dalam konstruksi bangunan dan utilitas yang mendukung operasi, ada juga yang menjadi fokus yaitu konsep yang diterapkan untuk pengembangan dan implementasi dalam lingkup TI. Desain dan fitur pusat data ini secara umum meliputi berbagai proses kerja dan teknis, yang dituangkan dalam dokumentasi, model diagram sistem dan kombinasi antara keduanya.

Skema Dasar Pusat Data

Setiap data center memiliki dokumen dan diagram yang menggambarkan alur logis dan visual yang mencakup secara luas parameter komputasi dan non-komputasi yang ada.

Dalam bidang kapasitas untuk TI, aspek yang menjadi perhitungan meliputi:

  1. Jumlah dan tipe rak yang bisa diakomodasi
  2. Tata letak dan perangkat jaringan
  3. Perangkat lunak untuk manajemen data center agar bisa mendukung kinerja dan standar operasional.

Dalam aspek diluar TI, biasanya akan memasukkan faktor-faktor seperti:

  1. Ruang fisik untuk menampung semua peralatan yang ada
  2. Sumber listrik, sistem pendinginan dan ventilasi
  3. Keamanan fisik, disaster recovery dan rencana keberlanjutan bisnis (business continuity planning).

Manajemen Data Center

Pusat data modern hanya memerlukan tenaga profesional dalam jumlah kecil untuk melakukan manajemen kumpulan data perangkat keras sistem yang terhubung ke jaringan yang lebih besar. Data center mempunyai tanggung jawab untuk melindungi data dalam jumlah yang sangat besar dan mengamankan dari ancaman pembobolan data. Hosting server akan dikelola secara aktif dengan mengandalkan pada cara-cara yang otomatis dan mudah dimonitor sehingga memberikan penghematan dari segi pemeliharaan dan energi yang dikonsumsi. Fitur yang ada pada data center akan mendapatkan pembaharuan dari segi perangkat keras, sistem operasi, distribusi dan penyimpanan data, skema backup, rencana darurat dan tentunya dukungan teknisi.

Fitur dan Desain Ramah Lingkungan

Untuk mitigasi kepada perubahan iklim yang menjadi perhatian bagi masyarakat TI di pelosok dunia, desain dan fitur data center mengadopsi konsep ramah lingkungan dalam berbagai aspek. Konsep cold aisle containment rack merupakan salah satu implementasinya. Proses pendinginan ruangan server dengan mengatur tekanan aliran udara.

Ini merupakan instalasi rak server dan dindingnya, yang bertujuan untuk memisahkan aliran udara dingin dan udara panas. Ini sangat fungsional untuk menghadapi kebutuhan dan pertumbuhan tingkat kepadatan server yang terpasang per meter persegi, namun tetap mempertahankan suhu udara dingin yang stabil.

Dengan demikian, udara dingin yang dihasilkan bisa terpakai seluruhnya untuk mendinginkan server yang ada, sementara udara panas yang dihasilkan server langsung dialirkan ke unit penyerap panas.

Dengan menggunakan sistem ini, dimensi ruang dan kapasitas rak apapun tidak akan memberikan dampak langsung terhadap penambahan unit pendingin. Dengan cold aisle containment ini, bisa mencapai efisiensi energi untuk pendinginan mencapai 30 persen. Artikel menarik lainnya terkait pusat data, silahkan lihat pada Blog ini, disajikan melalui situs www.gtndatacenter.com untuk pencerahan.

Untuk mesin unit pendingin udara yang merupakan komponen yang beroperasi sepanjang waktu, dengan memanfaatkan air yang didinginkan, operasional data center bisa memperoleh penghematan sampai 15 persen.

Air yang sudah terpakai akan diolah di water treatment facility untuk mengembalikan baku mutu air yang aman untuk lingkungan.

Penggunaan lampu LED, material bahan bangunan yang tidak berbahaya juga dilaksanakan untuk keseluruhan instalasi yang ada. DRUPS atau diesel rotary uninterruptible power supply merupakan teknologi yang cocok untuk data center dalam mendukung ketersediaan dan stabilitas listrik ketika terjadi pergantian sumber daya listrik.

Teknologi DRUPS merupakan perpaduan teknologi generator diesel, UPS statis dan power correction panel. Dengan proses kinetik, listrik akan tersimpan pada sebuah rotor dan bisa menghasilkan efisiensi daya listrik lebih dari 97% (power factor 0.97).

DRUPS merupakan pengganti unit batere ukuran masif, yang mengandung materi toxic.

Dan menggunakan unit DRUPS bisa berjalan bersama untuk skalabilitas, penambahan kapasitas data center tidak perlu diikuti dengan penambahan ruang untuk unit listrik cadangan apabila dibandingkan dengan UPS konvensional.

Di era internet of things sekarang ini, selain pengamanan fisik berlapis, semua titik penting dan strategis juga dapat dimonitor dan dikendalikan menggunakan jaringan cepat internet WiFi, terlebih monitoring server dalam ruangan data center, agar keamanan dan konfigurasi fisik terjaga.