GTN Raih Sertifikasi Rated 3 Constructed Facilities

Jakarta, 25 Juni 2020 – Sebagai perusahaan data center lokal, PT Graha Teknologi Nusantara (GTN), bagian dari PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) dan joint venture (usaha patungan) dengan Mitsui & Co., Ltd, dengan kompetensi pada layanan pengoperasian dan pengelolaan Data Center, mengumumkan keberhasilan GTN Data Center dalam meraih Certificate of Conformance Constructed Facilities ANSI/TIA-942-B:2017 Rated 3 di Indonesia dari Enterprise Product Integration Pte Ltd (EPI), Singapura.

Keberhasilan ini menjadi catatan bersejarah bagi GTN Data Center karena proses sertifikasi ini pada tahap akhirnya memasuki periode pandemi virus korona yang terjadi secara global dan menjadi ujian bagi operasional sebagai data center yang siap setiap saat.

Peresmian serah terima sertifikat antara perwakilan EPI di Singapura dengan perwakilan GTN di Jakarta terbilang unik karena dilakukan secara online dengan pertimbangan kondisi pandemi Covid-19 dan berlakunya masa transisi PSBB di Jakarta dan sekitarnya. Seremoni disaksikan oleh mitra bisnis yang hadir melalui aplikasi online meeting.

Sertifikasi ANSI/TIA-942-B:2017 ini memperbaharui sertifikasi ANSI/TIA-942:2014 yang telah dimiliki sebelumnya untuk desain. Pencapaian ini seperti tongkat estafet bahwa elemen penting dari sisi infrastruktur di GTN Data Center telah memenuhi rancang bangun data center kelas dunia untuk arsitektur, mekanik, listrik, dan telekomunikasi.

Kesan dan Pesan dari CEO GTN dan EPI

“Kami berhasil peroleh sertifikasi berskala internasional ini pada waktu yang tepat seiring meningkatnya permintaan dari pelanggan atas layanan data center yang telah tersertifikasi dari sisi fasilitas. Dan kami sangat bangga dengan pencapaian ini, apalagi ini untuk kategori data center besar,” kata Wahyudi Chandra, CEO Graha Teknologi Nusantara.

“Hal ini membuktikan bahwa infrastruktur yang disediakan oleh GTN adalah salah satu fasilitas dan layanan terbaik bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam upaya bertransformasi secara digital. Pelanggan kami tidak perlu kuatir akan jaminan keamanan dari layanan GTN Data Center karena kami menerapkan standar kualitas yang ketat,” tambah Wahyudi.

“Dengan Sertifikasi Fasilitas TIA-942, GTN Data Center menunjukkan komitmen total terhadap para pelanggannya dengan memastikan bahwa GTN Data Center diberi penilaian dan disertifikasi berdasarkan standar fasilitas pusat data global terkemuka. Ketika pelanggan menempatkan infrastruktur mission critical mereka dengan GTN, mereka punya keyakinan bahwa infrastruktur mereka terlindungi oleh langkah-langkah keamanan yang kuat serta infrastruktur yang terpelihara berdasarkan TIA-942. Ini artinya, GTN Data Center dapat menjalani segala bentuk pemeliharaan tanpa perlu berhenti, yang sepenuhnya mendukung operasi 24×7. GTN memilih sertifikasi standar TIA-942 yang terakreditasi karena tidak hanya menyasar sistem kelistrikan dan mekanis tetapi juga telekomunikasi, keselamatan dari kebakaran dan faktor-faktor penting lainnya untuk infrastruktur mission critical dengan ketersediaan tinggi, ” kata Edward van Leent, Chairman & CEO, EPI Group of Companies.

Ucapan Selamat dari Para Mitra Bisnis

Berikut ulasan dari perusahaan-perusahaan yang sudah menjalin hubungan kerja dengan GTN Data Center.

“Berdasarkan pengalaman kami dalam menggunakan layanan GTN, kami mendapatkan layanan dari team GTN yang sangat responsif dan kooperatif, mulai dari, pembahasan kebutuhan, pendaftaran, perijinan masuk, pendampingan, ketersediaan fasilitas ruang pendukung seperti, ruang meeting dan Break Room, hingga dukungan yang diberikan ketika masuk ke fase operasional, termasuk juga penerapan prosedur operasi standar yang dilaksanakan secara konsisten.”

“Semoga di masa mendatang, GTN terus meningkatkan kualitas pelayanan. Bravo GTN!

Yohanes Liauw, President Director PT IDX Solusi Teknologi Informasi

 

“Kami mengucapkan selamat atas pencapaian GTN yang berhasil memperoleh sertifikasi Rated 3 untuk Conformance Constructed Facilities, sertifikasi ini membuktikan kegigihan GTN dalam menjaga dan mengoptimalkan pelayanan. Kami berharap pencapaian ini membawa GTN lebih handal dan terpercaya, sehingga kolaborasi kami dengan GTN dapat terus berkembang.”

“Selamat dan Sukses kepada Team GTN dan seluruh Jajaran Direksi!”

Agung Satya Wiguna, Enterprise Sales Director PT Linknet Tbk.

 

“Terima kasih! Kepada GTN yang selama ini telah memberikan effort dan layanan terbaik mereka sebagai penyedia jasa / layanan Colocation bagi perangkat dan server kami.” “Sehingga kami tidak perlu terjebak kepada semua keruwetan yang harus dihadapi sebagai praktisi IT. Terimakasih kepada GTN, terus maju dan sukses selalu!”

Korynsan, Senior IT Manager PT WEHA Transportasi Indonesia

 

“Sudah melayani certified customer sejak 2016, tapi per hari ini, EPI, client GTN akan lebih dipastikan lagi bahwa mereka tetap memakai operation Data Center yang beracuan international, bahkan sampai ke Facility Architechture, Mechanical Electrical, Telecommunication, juga per hari ini sudah mendapatkan certification baru dari Certification Rated 3 Facility by TIA.”

“Kami melihat kesungguhan pihak GTN melanjutkan misinya untuk menjadikan The Preferred Data Center Company for the all of their client tetap exist dalam pelayanan Colocation dan Disaster Recovery Centernya.”

Tjendradjaja Tungga, President Director PT Data Center Integrasi

 

Kiprah Data Center Lokal

GTN Data Center membangun kiprahnya di industri data center lokal dengan kajian dan penerapan standar internasional yang komprehensif ini sejak awal, sehingga keunggulan operasional tetap berada di performa terbaik. Komunitas bisnis dan mitra potensial juga menyampaikan adanya kebutuhan untuk memiliki tolok ukur yang jelas tentang penentuan kualitas fasilitas yang ada.

Dalam memberikan layanan yang andal dan stabil di era digital ini, penempatan perangkat keras dan perangkat lunak komputasi merupakan persyaratan mendasar yang wajib disertai dengan penawaran kompetitif dengan kapasitas besar dan efisiensi dalam mengelola dan memonitor sistem secara fisik. Penempatan data dalam perangkat keras dan komputasi awan juga bergantung pada keberadaan data center.

Infrastruktur Fisik GTN Data Center

Berdiri di atas lahan seluas 15.000 meter persegi, GTN Data Center sudah siap untuk “hyperscale computing” dengan instalasi yang tersedia di gedung dua lantai berkapasitas 2.000 rak server. Layanan GTN Data Center terus dijaga standar dan kualitasnya untuk memenuhi kebutuhan pengguna dari berbagai sektor industri dengan permintaan daya komputasi yang tinggi.

GTN Data Center juga menerapkan sistem keamanan teruji dari SECOM, yang merupakan standar sistem keamanan di Jepang. Kehadiran teknologi ramah lingkungan yang diterapkan di GTN Data Center adalah Cold Aisle Containment System (CACS) yang terbukti optimal dalam pendinginan perangkat di dalam rak.

Selain dua teknologi ini, GTN Data Center juga menggunakan DRUPS (Diesel Rotary Uninterruptible Power Supply), yang memberikan daya listrik cadangan terhadap dua sumber listrik utama yang redundan dan aktif bersamaan.

Semua fasilitas ini memberikan kepastian dan kenyamanan bagi para pelanggan serta memastikan kinerja perangkat TI dalam menunjang kegiatan operasionalnya.