Hasil Uji Coba II 2019 di GTN Data Center Dengan Tingkat Keberhasilan Seratus Persen

Pada Selasa, 22 Oktober 2019, GTN Data Center kembali melakukan uji coba kelistrikan yang kedua kalinya untuk tahun berjalan. Segenap tim operasional Data Center dan vendor bekerja sama secara simultan untuk mendukung sepenuhnya seluruh aspek pelaksanaan. Dalam uji coba kelistrikan ini, operator di berbagai titik di Data Center melakukan pengujian dan pengamatan dengan 6 skenario power failure. Sumber daya listrik utama dengan sengaja dimatikan untuk memastikan bahwa sistem power back-up GTN berfungsi sempurna dalam hal kejadian terputusnya suplai listrik dan menjamin operasional Data Center berfungsi normal.

 

Gambar 1. Bapak Aditya Dharma memberikan kata sambutan

 

Pada uji coba kelistrikan kali ini, GTN mengundang 22 orang dari 9 perusahaan untuk menyaksikan kegiatan secara langsung. Acara dimulai pukul 9.30 pagi dengan penyambutan dan verifikasi ID para peserta di pos keamanan. Selanjutnya, para peserta diarahkan ke ruangan BCP (Business Continuity Plan) untuk menyaksikan uji coba kelistrikan melalui Live Video dan CCTV yang ditayangkan di layar. Bapak Aditya Dharma selaku Head of Operation dan Bapak Tjetjep Dharmawan selaku Head of Sales memberikan kata sambutan singkat kepada para peserta dan menjelaskan agenda uji coba kelistrikan dengan jelas.

 

Gambar 2. Para Peserta Uji Coba Kelistrikan

 

Ada 6 skenario power failure yang diujicobakan secara bergantian dalam rentang waktu beberapa jam. Semua skenario tersebut dijalankan secara teliti oleh tim operasional GTN Data Center dan para peserta menyaksikan sendiri kondisi operasional di lapangan dari ruangan BCP. Pada skenario pemungkas, GTN melakukan pemadaman dua sumber listrik utama, yaitu Cikarang Listrindo Jababeka dan Cikarang Listrindo MM2100 dan sepenuhnya mengandalkan sumber listrik cadangan dari DRUPS (Diesel Rotary Uninterruptible Power Supply) yang berada di kompleks Data Center. Ketika kondisi di atas sedang berlangsung, para peserta uji coba dipandu menuju Data Hall atau ruangan server untuk melihat secara langsung bahwa pada worst case scenario sekalipun, GTN memastikan perangkat dari customer tetap pada keadaan normal dan berfungsi secara penuh tanpa adanya interupsi pada IT Load. Sistem pendinginan juga berjalan biasa, yang ditunjukkan oleh indikator yang berada dalam batas normal.

 

Sebagai penutup kegiatan ini, para peserta diajak untuk menikmati santap siang bersama di Hotel Harper Cikarang.

Gambar 3. Makan Siang Bersama Para Peserta dan Tim dari GTN

 

Dengan selesainya uji coba di Oktober 2019 ini membuktikan bahwa dalam 5 kali pengujian, GTN Data Center berhasil mempertahankan keadaan pusat data yang tetap berfungsi dengan baik dalam keadaan terburuk sekalipun. Keamanan Data Center dan seluruh CCTV, Perimeter Detection, Road Blocker, dan Access System juga dipastikan berfungsi secara menyeluruh saat blackout test.

GTN sebagai perusahaan operator Data Center yakin uji coba kelistrikan dengan 6 skenario power failure yang dilakukan rutin dalam setahun dua kali ini akan meminimalisir terjadinya pemadaman listrik yang terjadi karena malfungsi dan juga karena hal-hal yang tidak dapat diprediksi.
Dengan demikian, para customer akan selalu mendapatkan SLA power contingency yang sempurna selama menggunakan layanan dari GTN Data Center.