Menimbang antara Dedicated dan Colocation Server

Pembahasan istilah teknis yang disebut pada judul yaitu dedicated server dan colocation server bertujuan untuk merangkum seluruh informasi yang ada menjadi sebuah bahan bacaan yang bisa menambah wawasan bagi siapapun yang tertarik untuk mendalaminya.

Faktor-faktor apa saja yang terkait dengan keduanya merupakan penjelasan yang akan diuraikan lebih lanjut, sehingga pertimbangan utilisasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Keunggulan Dedicated Server

Dalam pengertian umum, dedicated server merupakan server yang diperuntukan seutuhnya untuk satu user, tanpa berbagi sumber daya yang ada dengan user lain. Artinya, pengelolaan server sepenuhnya pada individu yang mempunyai akses, tetapi sistem operasi (Linux, Windows), tipe perangkat, bandwidth dan fitur keamanan, backup dan keamanan data sudah tersedia sesuai dengan spesifikasi teknis yang ada. Dalam tahap layanan yang paling dasar adalah unmanaged dedicated server. Dukungan teknis hanya diberikan sampai pada tahap tatanan jaringan dan hardware, instalasi dan konfigurasi pertama kali yang diperlukan.

Bagi yang memilih dedicated server adalah pertimbangan memiliki lebih banyak sumber daya ketika dibutuhkan dan tidak berbagi untuk bandwidth dan disk space.

Untuk dedicated server management plan, operator data center menyediakan lagi rangkaian layanan yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan tambahan kepada pelanggannya dengan tingkatan keamanan data dan jaringan yang lebih tinggi, proteksi dari DDOS, instalasi aplikasi dan layanan lainnya. Paket dedicated server service ini merupakan langkah strategis tanpa perlu memikirkan biaya diawal untuk investasi pada perangkat keras TI, tetapi bisa mendapatkan infrastruktur TI yang kuat dan terjangkau.

 

 

Hal utama yang menjadi keunggulan dedicated server adalah garansi pergantian hardware dalam kejadian gagal fungsi dengan SLA yang berbeda antara penyedia yang satu dengan yang lainnya, bisa dalam hitungan jam.

Dedicated server berperan untuk menjalankan aplikasi yang berat dengan beban kerja yang tinggi, yang tidak bisa dipenuhi oleh layanan yang berbasis VPS dan shared hosting. Perusahaan yang mempunyai data base yang besar dan berbagai aplikasi yang dijalankan akan membutuhkan penyewaan dedicated server, yang ditempatkan pada data center yang standar keamanan fisik dan virtual baik.

Rak Server

Keunggulan Colocation Server

Colocation server mempunyai pengertian yang berbeda dari dedicated server. Colocation mempunyai korelasi dengan lokasi fisik yang digunakan untuk penitipan server pada data center. Untuk colocation tersedia beberapa tipe rak yaitu Per U, Half Rack dan Full Rack (1, 2 dan 4 server). Model penempatan ada dua model yaitu rack dan cabinet.

Pemilihan rack ini merupakan keputusan pengguna yang menyewa berdasarkan kebutuhan pada saat itu dan budget yang ada. Untuk kemudahan akses fisik ke rack berbeda antara satu penyedia dengan penyedia lainnya, ada yang rack-nya sendiri mempunyai kunci masing-masing, selain lapis pengamanan yang lainnya. Ada yang cabinet-nya yang dilengkapi dengan dinding dan pintu yang terkunci setiap saat.

Colocation ini juga bisa dipadukan dengan managed solution, yang memberikan kemudahan dalam hal berikut:

  1. Sistem otomatis untuk monitoring, maintenance and troubleshooting.
  2. Bantuan tenaga ahli di data center untuk menghadapi keadaan kompleksitas keadaan darurat namun terkendala waktu dan lokasi yang jauh. Tindakan cepat seperti cabling un/plug, and power hard reboot). Lebih jauh lagi, instalasi ulang OS, konfigurasi RAID dan routine checking.

Daya listrik yang bisa disuplai ke colocation server adalah untuk mendukung kinerja sampai rack 4U.
Untuk bandwidth juga berbeda antara provider yang satu dengan lainnya, bisa berbagi (shared) dan dedicated.

Layanan colocation server di Indonesia maupun region lain idealnya untuk kebutuhan aplikasi dan website yang mempunyai aktivitas tinggi, perusahaan media dan ecommerce, dan jenis perusahaan yang butuh beragam resources dengan harga terjangkau.

Dalam konfigurasi yang lebih besar lagi adalah private and secure cage. Ruangan dan suplai listrik yang besar akan mampu menampung beberapa server rack dengan akses terbatas dan bisa dipantau melalui CCTV.

Server Kabinet

Informasi untuk GTN Colocation Server Services

Di GTN Data Center di Cikarang, Bekasi sendiri menyediakan solusi beragam yang sesuai kebutuhan untuk penempatan server dan dirancang untuk menampung server dengan IT load tinggi.

Closed rack merupakan unit yang tersedia dengan kunci masing-masing selain akses dengan pintu terkunci, dengan mengusung konsep “cold containment aisle”. Ini merupakan bagian dari 7 lapis tingkat keamanan yang diimplementasi.

Tersedia dan siap pakai juga adalah private and secure cage, yang bisa menampung 3 rack dimana 1 rack sama dengan 42U (Universal Server Rack).