Pemadaman Listrik Jawa, Bagaimana Manajemen Listrik Data Center GTN?

Pemadaman listrik di data center adalah mimpi terburuk semua orang IT. Namun sebenarnya hal ini tidak hanya berpengaruh kepada IT saja tetapi dapat meluas hingga keseluruh aspek vital perusahaan, mulai dari operasional downtime, kehilangan bisnis, tambahan biaya tak terduga yang mengakibatkan stress semua pihak.

Tidak perlu diragukan lagi dampak dari pemadaman listrik seperti di pulau Jawa bisa menjadi sesuatu yang kritis bagi kelangsungan data sebuah perusahaan. Berikut adalah uraian singkat manajemen listrik data center PT Graha Teknologi Nusantara di Cikarang.

Terkadang masalah listrik adalah salah satu hal yang sering dianggap remeh. Tidak hanya karena bencana alam, pemadaman listrik juga dapat terjadi dikarenakan faktor lain seperti salah satu contohnya adalah pembangkit listrik yang tidak bisa diandalkan. Beberapa waktu lalu, tepatnya di tanggal 4 Agustus 2019 terjadi pemadaman listrik serentak di sebagian besar pulau Jawa dan sekitarnya oleh pusat pembangkit listrik PLN.

Pemadaman ini terjadi dari siang pukul 12:00 WIB hingga waktu yang tak dapat di tentukan. Sejumlah daerah di Jabdodetabek hingga keesokan harinya Senin, 5 Agustus 2019 masih mengalamin pemadaman bergilir. Hal ini membuat banyak aktifitas warga tersendat, tidak hanya itu beberapa alat transportasi vital seperti MRT dan KRL terjadi kematian listrik dan tidak bisa beroperasi dan juga beberapa layanan komunikasi tidak dapat digunakan.

Oleh karena itu ada baiknya kita memperhatikan detail infrastruktur dan desain daya listrik yang tepat saat memilih data center. Saat memilih data center Anda harus dapat memastikan bahwa data center tersebut memberikan perlindungan yang memadai terhadap bencana alam dan ancaman lain yang dapat mempengaruhi reliabilitas perusahaan Anda.

Salah satu keunggulan GTN Data Center adalah memiliki full redundancy active-active power supply yang jauh lebih reliable, langsung dari dua power plant yang berbeda milik Cikarang Listrindo di Jababeka dan MM2100. GTN Data Center juga di-support oleh 3 buah Diesel Rotary UPS menjadikan GTN Data Center selalu live tanpa pernah terganggu oleh masalah aliran listrik.

Pada kejadian pemadaman listrik masal kemarin dan hingga saat ini di sebagian besar wilayah barat pulau Jawa yang meliputi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, GTN sama sekali tidak terganggu oleh peristiwa tersebut, kondisi IT load tetap stabil, aman terkendali dan berjalan normal tanpa adanya gangguan listrik.

Tim operasional kami pun stand by 24 jam dalam memantau keadaan Data Center dan memastikan tidak ada kendala berarti. Tim customer support juga selalu siap sedia melayani semua pertanyaan dari tenant jika dibutuhkan.

Demi mencegah gangguan listrik, GTN juga rutin melakukan uji coba fungsional yang diadakan dua kali dalam setahun yang bertujuan untuk menguji kinerja infrastruktur fisik, dimana komponen yang paling penting untuk diuji adalah adalah power(daya listrik) dan cooling (pendinginan). Uji coba ini dilakukan untuk memeriksa ketersediaan dukungan penuh pada kapasitas kVA yang ada.

Ingin mempelajari lebih lanjut apa saja yang GTN lakukan untuk mencegah pemadaman listrik di data center kami? Email ke sales@grahateknologi.co.id atau telpon ke 021 55 777 000 untuk mendapatkan Invitation GTN Data Center Private Site Tour dan melihat secara langsung infrastruktur dan fasilitas dari GTN Data Center.