Upaya GTN Mencegah Penularan Virus Corona

Beberapa hari yang lalu, virus Corona atau dikenal di dunia sebagai coronavirus (Covid-19) telah terkonfirmasi pada 2 orang terdampak di Indonesia, khususnya daerah Jabodetabek. Hal ini tentu mengejutkan sekaligus mengkhawatirkan bagi kita semua.

Penyebaran dan Kontaminasi Virus Corona

Tidak lama sebelumnya, insiden pertama kali dilaporkan pada 31 Desember 2019, di Kota Wuhan, Propinsi Hubei, China. Selanjutnya menjadi kejadian luar biasa (outbreak) karena tingkat penyebaran yang cepat. Virus Corona (Korona) menurut WHO (World Health Organisation) adalah sekelompok besar keluarga virus, yang bisa menyebabkan sakit mulai dari flu biasa sampai penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respitory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respitory Syndrome (SARS-CoV). Virus yang sekarang sedang menjangkiti berbagai negara masih diklasifikasikan sebagai novel coronavirus (nCoV) karena sebelumnya belum teridentifikasi berjangkit pada manusia.

Sejauh ini, dunia medis menyebutkan penularan virus korona adalah melalui droplet atau percikan dari batuk atau bersin dari seseorang yang positif terjangkit. Virus dalam droplet akan masuk ke tubuh melalui mulut, hidung atau mata, seperti ketika ada seseorang yang menyentuh tempat atau permukaan yang terkena droplet atau percikan itu dan menyentuh lagi wajahnya dengan tangan sendiri yang sudah terkontaminasi. Pencegahan yang lebih serius tentu harus dilakukan oleh diri sendiri.

Dalam mencegah penyebaran infeksi, sangat disarankan untuk mencuci tangan secara berkala, menutup hidung dan mulut ketika bersin dan batuk, memasak daging dan telur sampai matang sepenuhnya. Penggunaan masker akan mengurangi resiko penularan antar manusia. Dari WHO, organisasi kesehatan dunia dibawah naungan PBB juga menyarankan agar mencuci tangan selama 20 detik dengan air mengalir dan sabun. Dan seperti yang disampaikan di atas, mencuci tangan dengan hand sanitizer yang mengandung antiseptic akan menjadi salah satu cara demi menekan pertumbuhan bakteri.

GTN Ambil Langkah Antisipatif Mencegah Penularan

Sebagai lokasi yang kerap dikunjungi oleh banyak orang, GTN Data Center juga ikut memastikan penerapan tindakan pencegahan yang cukup untuk menghindarkan dampak penularan virus Corona di dalam area data center dengan cara-cara:

  1. Memastikan penggunaan masker atau pelindung muka lainnya.
  2. Memastikan penggunaan hand sanitizer atau antiseptic pembersih tangan lainnya.
  3. Melakukan pengukuran suhu tubuh. Suhu normal menurut referensi medis adalah 37,5 derajat Celcius.
  4. Melakukan tindakan pencegahan tambahan yang diperlukan terhadap pengunjung atau karyawan yang terduga terkena Covid-19.

Selain itu, mengikuti perkembangan terkini yang dikeluarkan oleh pemerintah dan badan resmi yang berkompeten menjadi cara untuk antisipatif dari waktu ke waktu. Lebih baik juga bagi siapapun yang mempunyai batuk dan flu serta suhu tinggi, yang sulit pulih untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit dan istirahat sepenuhnya.

GTN Data Center berusaha menyediakan layanan yang terbaik bagi seluruh pihak yang berada dalam lingkungan kerja dan pihak-pihak atau para mitra yang mengadakan kunjungan kerja dan bisnis.